Cara Mudah Mengetahui Pulser Mobil & Motor Rusak, Perhatikan Tanda dan Gejalanya

Cara Mudah Mengetahui Pulser Mobil dan Motor Rusak Perhatikan Tanda Gejalanya

Tips mudah bagaimana cara mengenali gejala dan tanda-tanda jika pulser sepeda motor dan mobil yang sudah mulai rusak. Pulser pada sebuah kendaraan, seperti sepeda motor ataupun mobil memiliki peranan yang cukup vital.

Pasalnya jika pulser ini mengalami masalah atau rusak, maka kendaraan akan susah untuk dikendarai. Namun, beberapa dari sobat yang masih awam tentu tidak terlalu mengerti mengenai kondisi dari pulser ini sendiri.

Pulser Bermasalah

Saat pulser mengalami masalah atau ada kerusakan biasanya akan diberengi dengan munculnya beberapa gejala yang terjadi pada motor. Gejala-gejala tersebut seperti mesin motor yang sangat susah untuk dihidupkan.

Ini akan terjadi pada saat kerusakan pada pulser terbilang parah. Namun demikian, gejala pertama yang ditandai karena pulser bermasalah ini pulser yang melemah dan mesin sulit dihidupkan. Meskipun mesin masih bisa hidup, namun motor akan lebih berat saat dipacu di jalanan.

Baca Juga: Cara Menyetel Turbo Intercooler dengan Mudah dan Benar

Tetapi untuk bisa lebih memastikan apakah pulser motor mati atau tidak, berikut ini kami punya cara cek pulser motor rusak yang mudah untuk dilakukan, bahkan untuk sobat yang masih pemula sekalipun.

Cara Mengetahui Pulser Rusak

Sudah menjadi hal yang jamak, jika yang namanya komponen elektronik, pastinya akan mengalami kerusakan seiring dengan bertambahnya waktun. Begitu juga dengan pulser motor yang juga akan sampai pada waktu dimana kerusakan menghampirinya.

Dan seperti yang sudah kami singgung diatas bahwasannya tSobat yang paling umum terjadi pada motor ketika pulser motor rusak adalah mesin yang susah untuk dihidupkan dan jika memang masih hidup maka putarannya sangat berat.

Dan untuk kerusakan terparahnya, pulser akan mati sehingga mesin tidak dapat lagi dihidupkan alias mogok. Inilah keadaan yang paling sering dialami oleh pengguna dan tidak tahu apa penyebab dari hal tersebut.

Simak Juga: Cara Kerja Sistem Power Steering pada Mobil yang Mungkin Belum Sobat Ketahui

Motor yang mogok memang cukup menyebalkan. Apalagi ketika sobat masih ada di jalanan yang masih jauh dari rumah, tentu hal tersebut akan sukses membuat sobat semakin sebal. Beralih dari masalah tersebut, untuk cara cek pulser yang rusak sendiri sebenarnya memang cukup mudah.

Sobat hanya membutuhkan beberapa alat dan langkah saja sudah bisa mengidentifikasi apakah pulser masih berfungsi atau sudah rusak. Dan jika memang pulser motor sobat bisa dipastikan rusak, yang perlu dilakukan adalah menggantinya dengan pulser moter yang baru.

Untuk masalah cara mengetahui pulser rusak yang mudah bisa sobat lakukan, silahkan ikuti beberapa langkah mudah dibawah ini:

Pertama sobat harus menyiapkan alat pengecek pulser yang bernama Avometer. Alat ini nantinya akan mengecek arus kistrik pada pulser, apakah masih normal ataupun tidak.

Untuk cara kerjanya, sobat bisa melakukan penyetelan pada Avometer dengan cara memutar selector di KNOP ke skala X10 atau bisa juga pada skala X100.

Jangan Lewatkan: Cara Membeli Mobil Bekas di Garasi.id dengan Mudah

Untuk langkah selanjutnya adalah mencolokkan probe berwarna merah dan hitam ke terminal pulser. Lakukan pencolokan dengan benar agar cara mengetahui pulser rusak ini berjalan secara efektif.

Kondisi pulser dalam keadaan baik, pada Avometer akan menunjuk pada angka 400 ohm. Sementara jika jarum menunjuk pada angka dibawah 400 ohm maka bisa dipastikan pulser dalam keadaan sudah rusak. Solusinya adalah mengganti pulser motor ini dengan yang baru.

Cara di atas memang cukup efektif dan merupakan satu-satunya cara mengetahui pulser rusak yang bisa diterapkan. Jika memang sobat tidak memiliki alat Avometer ini, silakan bawa saja motor sobat ke bengkel jika memang mengalami gejala-gejala yang sudah kami sebutkan di atas. Lakukan tindakan sedini mungkin jika sobat tidak mau motor kesayangan sobat semakin rusak.

Baca juga: