7 Cara Membuat Rambut Mengembang Menjadi Lurus dan Lembut

Cara Mengatasi Rambut Mengembang agar Lurus dan Lembut

Rambut mengembang akan nampak kering dan kusut sehingga dapat merusak penampilan serta mengurangi rasa percaya diri. Maka sobat membutuhkan cara agar rambut mengembang menjadi lurus, sehingga sobat akan terlihat lebih cantik dan menarik.

Ada beberapa tips dan cara untuk mengatasi masalah rambut mengembang yang bisa sobat praktikkan. Mulai dari cara murah yang bisa sobat lakukan di rumah, hingga cara yang lebih mahal karena harus dilakukan di salon atau klinik kecantikan.

Cara Mengatasi Rambut Mengembang agar Lurus dan Lembut

Berikut ini adalah cara-cara yang bisa sobat tempuh untuk mengatasi rambut mengembang.

1. Gunakan Produk Perawatan Rambut Tanpa Alkohol

Salah satu yang dapat menyebabkan terjadinya rambut kering dan mengembang adalah penggunaan produk beralkohol yang dapat memicu terjadinya iritasi serta rambut patah. Untuk itu sobat sangat disarankan memilih produk yang tidak mengandung alkohol.

2. Gunakan Shampo yang Dapat Melembutkan Rambut

Untuk mengatasi permasalahan rambut kasar dan mengembang, maka sobat perlu menggunakan shampo yang dapat melembutkan rambut. Ketika rambut mengembang, maka akan mengakibatkan rambut sobat nampak kasar dan kaku. Untuk melembutkannya, sobat bisa mencoba shampoo yang mengandung keratin dan argan oil misalnya TRESemmé Keratin Smooth Shampoo.

3. Gunakan Pelindung Kepala Saat Beraktivitas di Luar Ruangan

Terlalu banyak terpapar sinar matahari juga dapat menyebabkan rambut mengembang, ditambah dengan udara kering yang menerpa rambut. Untuk itu ada baiknya jika sobat memakai penutup kepala saat berada di luar ruangan, misalnya memakai topi. Bagi seorang muslimah juga sangat dianjurkan untuk mengenakan jilbab, dimana selain untuk menutup menutup aurat juga dapat melindungi rambut dari paparan sinar matahari dan udara kering.

4. Oleskan Minyak Zaitun Untuk Rambut

Minyak zaitun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan rambut, khususnya dalam mengatasi rambut kering dan mengembang. Minyak zaitun dipercaya mampu melembutkan dan memperkuat rambut, serta menjadikan rambut terlihat lebih lembab dan halus.

5. Lakukan Hair Spa Secara Teratur

Perawatan hair spa bisa dijadikan solusi untuk mengatasi rambut mengembang yang nampak kering dan kusam, serat menjadikan kulit kepala lebih sehat. Pasalnya, hair spa akan menutrisi rambut dan kulit kepala dengan baik. Berbeda dengan creambath, krim yang digunakan pada perawatan hair spa mengandung lebih banyak vitamin yang sangat bermanfaat dalam menyehatkan rambut rusak. Ditambah lagi dengan kandungan minyak esensial yang menjadikan rambut lebih wangi.

6. Perawatan Hot Oil Treatment

Jika sobat memiliki rambut yang mengembang dan sangat kasar serta kering, maka sobat bisa mencoba perawatan rambut di salon, yakni hot oil treatment. Penerapan perawatan ini adalah dengan memanaskan mana minyak alami kemudian diaplikasikan ke rambut yang rusak dan mengembang. Adapun minyak alami yang dapat dimanfaatkan pada perawatan hot oil treatment ini antara lain minyak alpukat, argan, virgin coconut oil, almond, safflower, jojoba atau extra virgin olive oil. Dengan melakukannya seminggu sekali, maka permasalahan rambut mengembang yang sobat alami dapat teratasi.

7. Perawatan Collagen Sculpting

Cara berikutnya untuk mengatasi rambut mengembang adalah dengan collagen sculpting. Adapun collagen sculpting itu sendiri merupakan perawatan yang dapat meluruskan rambut tanpa memakai bahan kimia berbahaya. Proses treatment ini hampir mirip dengan cara smoothing, hanya saja perawatan yang satu ini hanya membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam saja.

Itulah beberapa cara yang dapat sobat lakukan untuk mengatasi permasalahan rambut kering dan mengembang, sehingga rambut sobat akan menjadi lebih lembut, lurus dan terlihat cantik.

Baca juga: