Makanan yang Mengandung Asam Folat, Sangat Bagus untuk Ibu Hamil

Makanan yang Mengandung Asam Folat

Asam folat adalah salah satu zat yang sangat penting bagi ibu hamil. Zat ini merupakan vitamin B kompleks yang dapat larut dalam air. Asam folat memegang pernan penting pada fase awal pembentukan janin, khususnya pada fase pembentukan sistem saraf pusat. Karena itulah jika sobat sedang dalam tahap program hamil ataupun sudah memasuki awal kehamilan, sobat sangat disarankan untuk memperbanyak asupan makanan yang mengandung asam folat.

Disamping sangat bagus untuk kesuburan, asam folat juga baik untuk pertumbuhan janin dalam kandungan, serta mencegah bayi lahir cacat tulang belakang dan otak.

Sobat yang budiman, berikut ini kami sajikan beberapa jenis makanan yang mengandung asam folat:

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah salah satu sumber asam folat yang mudah ditemui di sekitar kita. Mulai dari bayam hingga selada dapat sobat konsumsi untuk mencukupi kebutuhan asam folat dalam tubuh sobat.

2. Brokoli

Brokoli mentah adalah sumber asam folat yang bisa sobat jadikan alteratif. Sobat juga bisa mengukusnya sebentar sehingga kandungan asam folat pada brokoli bisa masuk kedalam tubuh secara optimal.

3. Jagung

Makanan yang mengandung asam folat selanjutnya adalah jagung. Tahukah sobat jika jagung ternyata mampu mensuplai sekitar 20% dari kebutuhan asam folat? Pastikan sobat mengkonsumsi jagung segar, bukan jagung dalam kemasan kaleng.

4. Wortel

Sobat bisa memakan wortel dalam keadaan mentah yang ditabahkan kedalam salad. Faktanya, wortel mencukupi sekitar 5% dari kebutuhan asam folat harian.

5. Seledri

Siapa sangka seledri yang selama ini dikenal sebagai makanan penghancur batu ginjal, rupanya juga merupakan salah satu sumber asam folat? Sekitar 8% kebutuhan asam folat harian sobat dapat dipenuhi oleh seledri

6. Alpukat

Buah apukat merupakan sumber berbagai nutrisi mulai dari serat makanan, asam folat, vitamin K hingga asam lemak. Buah ini bisa dijadikan minuman wajib saat sobat hamil.

Selain yang telah disebutkan di atas, asam folat juga diperlukan membantu proses produksi DNA hingga pembentukan sel darah merah. Bahkan menurut beberapa penelitian menyebutkan bahwa kekurangan zat ini dapat memicu munculnya gangguan mental misalnya depresi. Lebih dari itu, asam folat juga dapat mencegah terjadinya penyakit alzheimer, serta beberapa jenis kanker pada manusia.

Baca juga: