Ketahui Tips Memilih Hotel Murah dan Nyaman untuk Liburan

Ketahui Tips Memilih Hotel Murah dan Nyaman untuk Liburan

Liburan memang sangat menyenangkan. Namun memilih penginapan saat berlibur adalah suatu hal yang berbeda. Untuk mendapatkan tarif menginap di hotel yang murah itu adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah.

Jalan-jalan ke luar kota atau bahkan ke pulau lain perlu dipersiapkan dengan baik. Anda tidak boleh grusa-grusu, apalagi berangkat liburan tanpa perencanaan. Pasalnya ada beberapa hal penting yang harus dipikirkan, mulai dari pengeluaran transportasi, hingga akomodasi seperti menginap di hotel.

Tips Memilih Hotel Murah & Nyaman

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan hotel yang murah dan nyaman sehingga acara liburan Anda dapat berjalan dengan lancar dan penuh dengan kesan.

1. Lihat Lokasi Hotel

Poin penting yang menjadi prioritas utama saat Anda hendak menentukan hotel adalah bagaimana lokasi penginapan tersebut. Anda harus tahu apakah hotel tersebut dekat dengan pusat kota, lokasinya dekat dengan destinasi wisata atau pun pusat bisnis dan perbelanjaan.

Jika hotel tersebut dekat dengan tempat wisata, maka bisa jadi harga sewa menginap di hotel tersebut lebih tinggi. Maka tidak salahnya jika Anda mencari hotel yang sedikit jauh dengan lokasi wisata, misalnya di tengah kota.

Selain harganya bisa lebih murah, di pusat kota umumnya Anda akan dapat dengan mudah menemukan fasilitas transportasi umum. Dengan demikian Anda bisa menuju ke tempat wisata menggunakan moda transportasi umum yang dikenal lebih murah.

Di samping itu, jika Anda hendak berlibur ke Bali misalnya, dan ingin stay dekat dengan bandara, maka Anda bisa memesan hotel dekat ngurah rai. Sehingga jika sewaktu-waktu Anda ada keperluan mendadak dan mendesak serta harus kembali pulang, Anda akan dapat menuju ke bandara dengan cepat dan mudah.

2. Sesuaikan Fasilitas yang Dibutuhkan

Umumnya, semakin mahal sewa kamar hotel, maka layanan dan fasilitas yang ditawarkan kepada pelanggan juga semakin lengkap. Untuk itu ada baiknya jika Anda mencari hotel dengan fasilitas yang tidak terlalu mewah namun tetap sesuai kebutuhan Anda.

Semua itu juga turut dipengaruhi berapa lama Anda akan liburan (staycation) di daerah tersebut. Jika Anda hanya berlibur 1 – 2 hari, maka Anda cukup mencari fasilitas hotel yang standar dan biasa-biasa saja.

Berbeda ketika Anda memutuskan untuk liburan di tempat tersebut dalam waktu yang cukup lama (misalnya seminggu atau lebih, maka sebaiknya Anda mencari hotel dengan fasilitas lebih lengkap agar segala keperluan dan kebutuhan Anda bisa didapatkan dari hotel tersebut.

3. Jangan Lupakan Keamanan di Sekitar Hotel

Agar liburan Anda lebih terasa aman dan nyaman, maka kondisi keamanan di sekitar hotel juga perlu Anda pertimbangkan. Untuk mendapatkan informasi semacam ini, Anda bisa masuk ke website atau forum tentang travel dan liburan.

Di sana Anda akan menemukan berbagai review serta testimoni dari para pelanggan yang sudah menginap di suatu hotel. Tidak hanya fasilitas dan pelayanannya saja, namun juga dari segi keamanan.

Anda juga bisa mencari info dan berita terkait tingkat kejahatan di wilayah tersebut. Dengan cara ini Anda akan bisa mendapatkan hotel yang tidak hanya terjangka tarif sewanya, namun juga terjamin keamanannya.

4. Sesuaikan dengan Budget

Sudah cocok dengan lokasi hotel, fasilitas yang ditawarkan dan kondisi keamanan di dalam dan di luar hotel, namun Anda jangan buru-buru menentukan pilihan. Pastikan juga bahwa biaya sewa kamar hotel tersebut sesuai dengan budget yang Anda tetapkan.

Jangan sampai biaya penginapan tersebut nantinya melebihi dari yang Anda anggarkan. Di sini Anda juga perlu memiliki batas mahal dan murah. Maksudnya, berapa batas nominal yang masih Anda anggap murah dan masuk di budget. Pasalnya, mahal dan murah bagi setiap orang itu berbeda-beda.

Baca juga: