Menggunakan Shipper API sebagai Plugin Ongkos Kirim di Website Toko Online

Menggunakan Shipper API sebagai Plugin Ongkos Kirim di Website Toko Online

Sebagian orang memilih jualan online melalui marketplace karena berbagai alasan tertentu. Namun tidak sedikit pula yang lebih memilih website toko online sebagai media untuk membuka lapak. Salah satu alasannya karena tidak ingin bergantung pada marketplace serta ingin lebih leluasa dalam mengelola toko online milik sendiri.

Keuntungan Memiliki Website Toko Online

Sebagai pelaku bisnis online tentu Anda sudah memahami, ketika Anda jualan di marketplace, maka Anda kurang fleksibel karena harus mengikuti aturan di sana. Selain itu, Anda juga tidak bisa mendapatkan uang hasil jualan karena harus menunggu konfirmasi barang sampai dari pembeli Anda.

Berbeda dengan berjualan di website toko online sendiri. Anda lah yang membuat sendiri peraturannya, dan uang transaksi dari konsumen akan langsung masuk ke rekening Anda.

Kendala yang Dialami Pemilik Website Toko Online

Meskipun demikian, bukan berarti mengelola website toko online itu tidak akan mengalami kendala dan kesulitan. Selain modal dan biaya perawatan, Anda juga harus memperhatikan tampilan dan fitur yang ada di website tersebut.

Adapun salah satu masalah yang sering dialami oleh pemilik website toko online adalah keharusan untuk menjawab pertanyaan dari para calon konsumen dan pelanggan online shop Anda. Misalnya saja pertanyaan mengenai tarif ongkos kirim.

Jika pertanyaan ini tidak segera Anda respon, hal ini bisa menyebabkan calon konsumen Anda tidak jadi membeli di toko online Anda. Karena itulah sudah semestinya sebuah website toko online memiliki fitur cek ongkir.

Umumnya, pemilik website toko online akan memperkerjakan CS untuk menjawab pertanyaan seputar tarif ongkir ini. Namun ada juga yang sudah mengantisipasi dengan memasang fitur cek ongkir, misalnya berupa box atau widget yang diambil dari website resmi jasa ekspedisi.

Permasalahannya, widget tersebut hanya menampilkan satu jasa pengiriman saja. Dan jika Anda menawarkan banyak pilihan jasa kurir, maka Anda harus memasang banyak widget untuk cek ongkir.

Akibatnya, banyaknya widget cek ongkir yang terpasang tersebut tidak hanya membuat loading website toko online Anda menjadi berat dan lama, namun juga masih merepotkan calon pembeli Anda, karena mereka harus mengeceknya satu per satu untuk mendapatkan ongkir termurah dan jasa ekspedisi yang mereka inginkan.

Shipper API sebagai Solusi Plugin Ongkir di Website Toko Online

Kabar baiknya, saat ini sudah ada Shipper.id, sebuah layanan agregator logistik terbaik di Indonesia yang akan menunjang aktivitas di website toko online Anda. Salah satu fitur yang dimiliki oleh Shipper.id adalah Shipper API yang bisa dimanfaatkan sebagai plugin ongkos kirim yang tepat dan akurat.

Dengan menggunakan Shipper API ini, Anda tidak perlu memasang banyak tool dan widget untuk cek ongkir di website toko online Anda. Semua itu bisa diwakili oleh sebuah plugin ongkir sehingga tidak akan membebani server dan membuat loading website menjadi berat atau lambat.

Menariknya lagi, sistem Shipper API sudah terintegrasi dengan beberapa jasa eskpedisi terkemuka di tanah air, mulai dari Ninja Xpress, JNE, DPEX, GO-SEND, SiCepat, TIKI, J&T, Wahana, RPX, Lion Parcel, Grab Express, Paxel, SAP hingga POS Indonesia.

Sehingga, ketika website toko online Anda sudah terinstall plugin ongkir dari Shipper.id ini, maka pengunjung akan dapat dengan mudah mengecek tarif ongkir dan membandingkannya dengan berbagai jasa pengiriman yang ada. Dengan demikian, konsumen Anda akan mendapatkan informasi tarif ongkir termurah dari jasa ekspedisi yang mereka inginkan.

Setelah konsumen membeli barang dan sudah Anda kirimkan, mereka juga bisa mengecek resi atau melacak pengiriman paket tersebut, langsung melalui website toko online Anda. Tentu saja hal ini akan sangat memudahkan dan memberi kepuasan tersendiri bagi konsumen Anda.

Baca juga: