9 Cara Mengobati Sakit Gigi yang Terbukti dan Ampuh Secara Alami

Cara Mengobati Sakit Gigi yang Terbukti dan Ampuh Secara Alami

Sakit gigi bukanlah suatu penyakit yang bisa dianggap sambil lalu saja. Rasa nyerinya sangat mengganggu dan membuat Anda yang mengalaminya akan kesulitan melaksanakan aktivitas harian. Untuk itu diperlukan cara mengobati sakit gigi yang terbukti dan ampuh sebelum Anda memutuskan untuk membawanya ke dokter gigi.

Cara Alami Mengobati Sakit Gigi

Anda bisa mencoba beberapa pereda nyeri alami di bawah ini untuk meredakan nyeri saat sakit gigi, sebelum mendapat penanganan oleh dokter gigi.

1. Kumur dengan Menggunakan Air Garam

Kumur dengan air garam saat sikat gigi sering dianggap mitos karena diajarkan turun temurun dari zaman ahulu. Namun sebenarnya air garam mengandung diinfektan, antibakteri dan mengurangi peradangan. Caranya juga cukup mudah, Anda cukup melarutkan setengah sendok gaam ke dalam segelas air hangat lalu gunakan berkumur. Ketika Anda berkumur sisa makanan yang mungkin tertinggal dalam gigi yang bermasalah kemungkinan besar dapat keluar sehingga mengurangi rasa nyeri saat sakit gigi.

2. Mengompres dengan Es

Cara meredakan sakit gigi yang cukup mudah adalah dengan menggunakan kompres es. Caranya sangat mudah yaitu membungkus es batu dengan handuk dan dikompreskan pada bagian yang membengkak akibat sakit gigi selama 15-20 menit. Biasanya rasa nyeri akan sedikit mereda, namun tidak bertahan lama karena berbeda dengan air garam yang memang memiliki kandungan disinfektan dan air garam. Kompres es hanya memberikan rasa kebas sementara sehingga rasa nyeri berkurang.

3. Menggunakan Lidah buaya

Lidah buaya juga mudah didapat di sekitar rumah, tanaman ini memiliki kandungan antibakteri sehingga dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi dan meredakan nyerinya. Caranya juga cukup udah, Anda dapat langsung mengaplikasikan gel lidah buaya pada gigi yang sakit kemudian pijat perlahan bagian luarnya sampa rasa sakitnya mereda.

4. Memanfaatkan Jahe

Jahe merupakan jenis rimpang yang terkenal mengandung antibiotik dan antiradang. Cara penggunaannya juga mudah, Anda cukup memarut atau menggeprek jahe kemudian tempelkan pada bagian yang sakit.

5. Redakan dengan Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang merupakan anti bakteri yang sangat kuat, senyawa ini yang akan meredakan rasa nyeri pada sakit gigi. Cara penggunaannya adalah menghaluskan bawang putih sampai berbentuk seperti pasta kemudian tambahkan garam dan tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Karena terkenal memiliki aroma yang sangat tajam tidak semua orang menyukai menggunakan cara ini walaupun terbukti ampuh.

6. Mengunyah Bawang Merah

Bagi Anda yang tidak menyukai aroma bawang putih, Ada dapat menncoba meredakan sakit gigi dengan menggunakan bawang merah. Bawang merah juga mengandug antiseptik yang dapat mengurangi sakit gigi. Cara aplikasi cukup dengan mengunyah bawang merah secara langsung.

7. Kompres dengan Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh mengandung senyawa eugenol yang memiliki sifat antiseptik dan juga antiradang alami. Ada dua caramenggunakan minyak cengkeh saat sakit gigi. Yang pertama adalah meneteskan minyak cengkeh pada kapas kemudian kompreskan pada bagian gigi yang sakit. Atau cara kedua yaitu meneteskannya pada segelas air kemudian gunakan untuk berkumur.

8. Mengunyah Daun Jambu Biji

Tidak hanya ampuh untuk diare, ternyata daun jambu biji juga ampuh untuk meredakan sakit gigi karena memiliki kandungan anti radang dan anti mikroba. Caranya Anda bisa memetik daun jambu biji yang masih muda dan lunak kemudian cuci bersih dan kunyah.

9. Berkumur dengan Cuka Apel

Bahan alami terakhir yang dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi adalah cuka apel. Karena bersifat disinfektan dapat mengendalikan bakteri dalam rongga mulut. Cara penggunaanya sama dengan minyak cengkeh yaitu diteteskan pada kapas atau dilarutkan dalam air sebagai obat kumur.

Itulah beberapa bahan yang mudah didapat dan ampuh untuk meredakan sakit gigi. Yang perlu Anda ingat adalah semua bahan ini bersifat meredakan sakit sementara, sebelum ditangani oleh dokter gigi.

Baca juga: