6 Cara Basmi Rayap dengan Ampuh, Praktis dan Mudah Dilakukan

Cara Basmi Rayap dengan Ampuh, Praktis dan Mudah Dilakukan

Salah satu gangguan yang banyak dialami oleh pemilik rumah adalah kehadiran rayap di dalam rumah yang sangat meresahkan. Serangga kecil yang gemar hidup berkoloni ini memiliki kemampuan merusak yang luar biasa.

Tidak hanya merusak furniture dan perkakas dari kayu, nyatanya rayap juga bisa merusak majalah, foto kenangan, hingga beragam aset berharga, seperti dokumen penting, dan juga uang kertas. Bahkan hewan yang juga dikenal dengan nama semut putih ini juga mampu menggerogoti tanaman hingga pondasi rumah.

Maka Anda tidak perlu terkejut apabila banyak orang yang dibuat kesal dengan kehadiran rayap di dalam rumah, sehingga mencari cara yang ampuh guna membasmi atau mengusirnya.

Tips Ampuh Basmi Rayap

Berikut ini adalah beberapa tips dan cara basmi rayap yang ampuh dan mudah untuk dilakukan.

1. Manfaatkan Air Sabun

Cara pertama untuk membasmi rayap yang ampuh adalah dengan menggunakan campuran air sabun. Untuk membuatnya, larutkan sabun ke dalam air dan masukkan ke dalam botol semprotan.

Selanjutnya, semprotkan air sabun tersebut ke tubuh koloni rayap dan juga sarang di mana mereka tumbuh dan berkembang biak di rumah Anda.

Air sabun ini akan dengan cepat membunuh koloni rayap, dan Anda tinggal membersihkannya setelah pekerjaan ini selesai Anda lakukan.

2. Gunakan Kapur Barus

Selain campuran air sabun, ternyata kamfer atau kapur barus juga dapat dipakai untuk membasmi rayap. Pasalnya, kapur barus mimiliki kandungan naftalena yang secara efektif akan membunuh rayap dan serangga kecil lainnya.

Letakkan beberapa kapur barus di area yang sering dilalui rayap, di dekat sarang raya, di sudut ruangan dan didekat furnitur.

3. Bersihkan Genangan Air

Rayap merupakan serangga yang umumnya berkoloni dan membuat sarang di tempat yang lembap. Maka tidak mengherankan jika mereka juga menyukai adanya genangan air.

Sebagai solusi dan pencegahan, segera bersihkan jika ada genangan air di pekaranagn rumah Anda dan di sekitarnya sehingga tidak akan memancing kedatangan rayap.

4. Lebarkan Ventilasi Rumah

Seperti disinggung sebelumnya, bahwa rayap menyukai area yang lembap guna membuat sarang dan berkembang biak. Agar ruangan di rumah Anda tidak lembap, maka Anda bisa melebarkan ventilasi dan menambah jumlahnya agar udara dapat bersikulasi dan juga cahaya matahari lebih leluasa menembus ke dalam.

Selain itu juga jaga kebersihan rumah agar selain tidak lembap, rumah Anda juga nampak lebih bersih dan sehat untuk ditinggali.

5. Turunkan Suhu Ruangan

Rayap tidak menyukai cahaya yang berlebih, suhu yang teramat panas dan suhu yang terlalu dingin. Semua itu akan membuat rayap gelisah dan tidak betah serta akan menjauh.

Untuk itu, Anda bisa menyalakan AC dengan suhu yang sangat dingin agar rayap segera pergi dari rumah Anda.

6. Percayakan kepada Jasa Anti Rayap

Jika cara dan tips di atas tidak juga membuat rayap hilang dari rumah Anda, maka Anda dapat menggunakan cara terakhir yang sangat manjur, yakni dengan menggunakan jasa anti rayap.

Dalam hal ini Anda dapat mempercayakannya kepada FUMIDA, sebagai jasa anti rayap makassar yang profesional, kredibel dan berpengalaman dalam hal pest control, termasuk membasmi rayap di dalam rumah hunian.

Dengan menggunakan jasa anti rayap yang tepat, gangguan dan serangan koloni rayap di rumah Anda akan dapat diatasi hingga tuntas.

Baca juga: