4 Cara Memperbaiki Starter Mobil yang Mati Total dengan Mudah

Cara Mudah Memperbaiki Starter Mobil yang Mati Total

Penjelasan tips bagaimana cara mudah untuk mengatasi starter mobil yang rusak atau mati total dengan mudah tanpa harus pergi ke bengkel. Bertemu lagi dengan kami DIMASPRATAMA20.COM, website yang selalu menghadirkan berbagai informasi menarik, termasuk dalam segmen dunia otomotif. Dan pada kesempatan kali ini, kami akan menyajikan sebuah informasi mengenai cara mengatasi atau memperbaiki starter mobil yang mati total dengan mudah.

Mobil adalah salah satu kendaraan yang saat ini kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat yang ada di seluruh dunia, karena dengan menggunakan mobil sebagai kebutuhan sehari-hari sobat dapat mempercepat atau mempermudah ke tempat yang akan sobat tuju. Namun, jika sobat tidak menjaga dan merawatnya dengan baik, tentu kendaraan yang sobat miliki tersebut akan sering mengalami permasalahan.

Starter Mobil Mati

Setiap kendaraan tentu ada beberapa hal yang sering kali menjadi permasalahan atau kerusakan, baik itu dari fitur-fitur yang disematkan maupun dari segi mesin kendaraan itu sendiri. Dan salah satu komponen mobil yang kerap mengalami masalah yaitu pada bagian starter. Starter mobil mati total? Starter merupakan salah satu part atau komponen yang berperan penting bagi sebuah kendaraan, yaitu berfungsi untuk memudahkan dalam menghidupkan mesin kendaraan.

Baca Juga: Cara Kerja Sistem Power Steering pada Mobil yang Mungkin Belum Sobat Ketahui

Namun, bagaimana jika starter mobil yang sobat miliki tidak berfungsi dengan baik atau bahkan mati total, pastinya permasalahan tersebut membuat mobil sobat mogok atau tidak bisa dijalankan. Hal semacam ini lah yang membuat sobat menjadi kesal.

Penyebab Starter Mobil Mati

Nah sobat yang budiman, dari pada sobat merasa kesal dan kebingungan, sebaiknya sobat segera cari penyebab matinya starter pada mobil sobat. Pada umumnya, ada beberapa masalah yang dipercaya kuat sebagai penyebab starter mobil rusak hingga mati total, diantaranya seperti lampu dashboard mati kemudian lampu dashboard hidup dan pada saat dinyalakan keluar bunyi menggelitik ataupun lampu yang hanya berkedip dan lain sebagainya.

Tips Mengatasi Starter Mobil yang Mati

Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut sobat tidak perlu bingung dan cemas, karena pada kesempatan ini kami akan memberikan sebuah tips untuk sobat semua mengenai cara mengatasi starter mobil yang mati total. Silakan simak penjelasannya di bawah ini.

1. Ketika Distarter Keluar Bunyi Menggelitik Keras

Permasalahan ini merupakan salah satu ciri yang menandakan jika setrum dari baterai (aki) lemah, sehingga tidak mampu memberikan arus listrik pada starter untuk menyalakan atau menghidupkan mesin mobil. Tetapi, apabila starter dihidupkan kemudian muncul suara ngelik atau lampu kontrol dashboard yang berkedip, sebaiknya sobat cek atau periksa terlebih dahulu pada bagian kleman kabel baterai/aki yang terdapat di kutub positif (+) dan negatif (-).

Simak Juga: Tips Membeli Mobil Bekas yang Aman dan Menguntungkan.

2. Mesin Tidak Berputar dan Keluar Bunyi Klek

Biasanya masalah seperti ini terjadi disebabkan oleh salah satu sisi yang memang sudah aus, misalnya gigi starter yang sudah aus. Meski masalah ini dianggap masalah yang kecil, tetapi permasalahan ini juga tidak boleh disepelekan begitu saja. Untuk mengatasi masalah seperti ini, sebaiknya sobat pergi ke bengkel service atau minta bantuan pada mekanik dinamo.

3. Starter dan Semua Lampu Kontrol Mati

Untuk masalah ini biasanya terjadi pada bagian setrum yang memang tidak berfungsi. Untuk mengatasinya, sobat bisa mengechek atau periksa bagian kabel bateri (aki), bisa jadi kabelnya mengalami kelonggaran. Namun, jika kabel baterai/aki posisinya baik dan masih dalam keadaan bagus serta masih memiliki setrum, silahkan sobat cek pada bagian socket kunci kontak. Jika masalah tersebut tidak dapat diatasi sendiri dan belum juga berhasil, sebaiknya sobat panggil mekanik yang memang sudah handal mengenai starter.

4. Lampu Dashboard Nyala, Starter Tidak Berfungsi

Sementara itu untuk masalah yang terakhir adalah pada saat sobat menyalakan starter mobil dan diikuti dengan kedipan lampu dashboard yang sedikit, biasanya disebabkan oleh dinamo starter. Untuk mengatasinya, silahkan sobat periksa bagian sikringnya kemudian periksa juga kabel kecil yang terhubung pada dinamo, apakah kabel dinamo putus atau tidak. Jika tidak, sebaiknya sobat segera tanyakan pada mekanik terpercaya.

Lihat Juga: Cara Mudah Mengetahui Pulser Mobil & Motor Rusak, Perhatikan Tanda dan Gejalanya

Demikianlah sekelumit informasi terkait bagaimana cara mengatasi starter mobil yang mati total dengan mudah dari kami. Semoga apa yang telah kami berikan di atas tadi bisa menambah pangetahuan dan wawasan sobat serta bisa menjadi gambaran ketika sobat ingin melakukan perbaikan pada starter mobil sobat yang mati total.

Baca juga: