Definisi dan Pengertian Cerita Pendek (Cerpen)

Definisi Pengertian Cerita Pendek

Apakah yang dimaksud dengan cerpen, bagaimana cara membuat cerpen? Kami yakin sobat terdampar di blog ini karena sedang mencari referensi tentang pengertian cerpen. Cerpen atau yang sering dikenal denga cerita pendek ini merupakan bentuk prosa naratif fiktif. Cerpen sendiri isinya cenderung padat dan langsung pada tujuannya dibandingkan karya-karya fiksi lain yang lebih panjang, seperti novella (dalam pengertian modern) dan novel.

Cerpen sendiri berdasarkan yang kami kutip dari rumus pelajaran berasal dari anekdot, dimana sebuah situasi yang digambarkan singkat atau dapat diartikan jalan ceritanya cepat tiba pada tujuannya, dengan paralel pada tradisi penceritaan lisan. Nah, karena isinya yang singkat itulah mampu membuat cerita-cerita pendek yang sukses mengandalkan teknik-teknik sastra seperti tokoh, plot, tema, bahasa, dan insight secara lebih luas dibandingkan dengan karya fiksi yang lebih panjang.

Pada umumnya, cerita pendek (cerpen) merupakan suatu bentuk karangan fiksi, dan yang paling banyak dimunculkan adalah fiksi seperti fiksi ilmiah, fiksi horor, fiksi detektif, dan lain sebagainya. Selain itu, cerpen kini juga mencakup dalam bentuk nonfiksi seperti catatan perjalanan, prosa lirik dan varian-varian pasca modern serta non-fiksi seperti fikto-kritis ataupun jurnalisme baru.

Dalam menetapkan apa yang memisahkan antara cerita pendek (cerpen) dari format fiksi lainnya yang lebih panjang adalah sesuatu yang problematik. Sebuah definisi klasik dari cerpen adalah bahwa cerita tersebut harus bisa dibaca dalam waktu sekali duduk. Dimana pendapat ini tercantum dalam esai Edgar Allan Poe “The Philosophy of Composition” pada 1846.

Selain itu, cerpen juga dapat ditentukan dari jumlah kata yang ada pada cerita tersebut. Ada yang menyebutkan bahwa batas panjang fiksi dari jumlah kata-katanya, yaitu 7.500 kata. Sementara dalam penggunaan kontemporer, istilah cerpen pada umumnya merujuk kepada karya fiksi yang memiliki panjang tidak lebih dari 20.000 kata dan tidak kurang dari 1.000 kata.

Sedangkan cerita yang pendeknya kurang dari 1.000 kata termasuk dalam genre fiksi kilat atau dapat diarikan sebagai flash fiction. Begitu sebaliknya, apabilan suatu fiksi yang melampuai batas maksimum parameter cerita pendek tergolong ke dalam novelette, novella, atau novel.

Nah itulah pengertian cerpen atau cerita pendek yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat membantu sobat yang sedang membutuhkan informasi tentang cerpen serta bisa menjadi referensi sobat dalam membuat cerita pendek.

Baca juga: pengertian cerpen